Sabtu, 28 April 2012

Kerajinan Tekstil Teknik Smock


Apakah Smok itu ?

Smok., sebenarnya bukanteknik baru dalam dunia jahit-menjahit. Pembuatan smok pada kain sudah cukup lama dikenal. Bahkan, berpuluh-puluh tahun lalu , yaitu pada akhir decade tahun enampuluhan, baju-baju bersmok sempat menjadi
mode, baik untuk baju anak-anak maupun dewasa.
Kini tidak ada salahnya apabila kain bersmok digunakan sebagai variasi dekoratif dalam pembuatan berbagai penutup peralatan rumah tangga.

A. Berkerut akibat teknik jahit
Istilah smok sebenarnya berasal dari bahasa inggris, yaitu smock yang berarti mengkerut. Sebelum memutuskan memilih model smok, ada baiknya dilakukan eksperimen untuk menentukan ukuran dan bentuk kotak pola yang akan dismok. Apabila kain yang akan digunakan memiliki motif atau corak yang beraturan dengan ukuran yang tetap, tentu saja pola sudah tidak dibutuhkan atau tidak perlu digambar lagi. Misalnya saja bahan bermotif bujur sangkar, segi empat, berbintik-bintik, dan sebagainya.
B. Kain Polos lebih baik
Kain yang digunakan sebaiknya menggunakan kain yang polos, walaupun kain yang bercorakpun juga bisa. kain bercorak yang dapat digunakan sebaiknya dipilih dengan pola titik-titik / kotak/kotak.
C. Jumlah bahan
Kerutan-kerutan kain (smok) ini mengakibatkan kain yang digunakan akan berkurang dari ukuran yang sebenarnya. Jadi, sebaiknya panjang dan lebar kain dilebihkan dari ukuran yang diinginkan dan setelah smok dibuat baru diukur kembali. Bila masih kurang bisa segera ditambahkan smok kembali. Jumlah kain yang diperlukan untuk membuat satu model smok juga tidak sama dengan model smok lainnya. Oleh karena itu, ada baiknya dilakukan uji coba terlebih dahulu sebelum mempraktekkannya terhadap obyek yang akan dibuat. Caranya, buatlah beberapa potongan kain dengan ukuran yang sama. Masing¬-masing model smok dibuat pada potongan kain tersebut. Hentikan pembuatannya setelah seluruh bagian kain penuh dengan smok. Selanjutnya ukurlah masing-masing potongan kain dengan model smok yang berbeda tersebut. Dengan demikian, bisa diperkirakan seberapa panjang smok yang dihasilkan. Bisa jadi, panjang smok yang diperoleh akan berbeda antara model yang satu dengan lainnya.





sumber;http://nhadi09.blogspot.com/2011/01/kerajinan-tekstil-teknik-smock.html

1 komentar: